Sabtu, 27 April 2013

Tindakan Bullying di Media sosial



Sosial media adalah media online yang mudah digunakan oleh penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi meliputi blog, jejaring sosial, forum, dll.
Sosial mediapun menjadi tempat pengguna internet untuk menjalin atau menambah pertemanan dengan penggua sosial nedia yang lainnya.
Tetapi, tidak sedikit pengguana sosial media yang melakukan aksi tidak baik di sosial media, salah satunya adalah tidakan bullying.
Tindakan bullying adalah perilaku atau tindakan yang agresif untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang sehingga korban merasa trauma, tertekan dan tidak berdaya.
Sudah banyak kasus –kasus yang kerap terjadi, contohnya pada Presiden Amerika Serikat Barack Obama, ia pernah menerima ancaman pembunuhan dari media sosial. Salah satu contoh lainnya juga pernah di alami oleh penyanyi Indonesia yaitu Syahrini, ia pernah memosting foto dan menulis “bedroom” menjadi “badroom”, hanya karena salah menulis bullying pun menghujamnhya di sosial media.
Tahu kah anda dampak-dampak yang dialami oleh para korban bullying?
Dampak yang dialami oleh para korban bullying adalah mengalami gangguan kesejahteraan psikologis yang rendah, dimana korban merasa takut, rendah diri, serta tidak berdaya, tidak nyaman, penyesuaian sosial yang buruk, menarik dirinya dari pergaulan, prestasi akademik yang menurun karena mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi belajar, bakhan yang paling parah adalah adanya keinginan atau tidakan untuk bunuh diri.
Selain berdampak pada psikologis, terganggunya kesehatan fisik juga dapat terjadi seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, flu, batuk, bibir pecah-pecah dan sakit dada.
Bullying merupakan permasalahan yang mendunia, tidak hanya di Indonesia tetapi juga sudah terjadi di Negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat. Perilaku bullying menjadi masalah global yang tidak bisa kita biarkan begitu saja. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membantu menyelamatkan perkembangan psikologis anak-anak, remaja maupun orang dewasa sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar